×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi SuaraTimor

7 Penyebab Vagina Berdarah Ketika Selesai Berhubungan Intim

SuaraTimor

suaratimor.com – Vagina berdarah sehabis berhubungan intim? Ini bisa terjadi kepada siapa saja, penyebabnya cukup beragam. Mengutip Healthline, 63% wanita postmenopause mengalami vagina kering dan vagina berdarah atau mengeluarkan bercak darah saat berhubungan intim, sedangkan 9% wanita yang tetap menstruasi pernah mengalami poscoital bleeding atau keluar darah usai berhubungan intim.

Apa saja sih, yang dapat sebabkan vagina berdarah sesudah berhubungan intim? Waspadai penyebabnya di bawah ini ya, Moms.

ADVERTISEMENT

1. Inflamasi leher rahim

penyebab paling lazim berasal dari pendarahan pada vagina sehabis berhubungan intim senantiasa bermula berasal dari serviks atau leher rahim. Ini berasal dari ujung  rahim yang berbentuk seperti tuba menyempit yang terbuka di daerah vagina. Cervicitis atau inflamasi leher rahim adalah tidak benar satu penyebab pendarahan vagina yang paling kerap terjadi.

Baca Juga :  Dekranasda NTT Gelar Vaksinasi Boster Untuk Masyarakat Umum

Penyebab cervicitis ini pun memadai beragam, salah satunya infeksi penyakit seksual menular seperti klamidia dan gonorea. Dua model persoalan penyebab inflamasi leher rahim ini sering membuat vagina mengeluarkan darah setelah berhubungan intim.

Tulisan ini berasal dari redaksi