√ó
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi SuaraTimor

Bolehkah Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali? Begini Penjelasanya.

Kontributor: DedyEditor: Redaksi
SuaraTimor

Suaratimor.com – Minyak goreng jadi salah satu kebutuhan pokok rumah tangga. Hal itu terlihat dari fenomena warga yang rela antri membeli minyak goreng hingga berjam-jam disaat kelangkaan minyak goreng.

saat ini kondisi minyak goreng yang lagi langka, dan juga sudah punya harga yang cukup mahal. Akibatnya tak jarang masyarakat akhirnya menggunakan minyak goreng dengan penggunaan yang berulang kali dalam pemakaian.
Biasanya minyak bekas menggoreng ini tidak langsung dibuang dan bisa digunakan untuk memasak makanan berikutnya.

ADVERTISEMENT

Tapi, apakah penggunaan minyak goreng berulang ini berbahaya untuk kesehatan
Menurut seorang pakar gizi dan keamanan pangan IPB (Institut Pertanian Bogor), Prof. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, minyak goreng hanya boleh digunakan sebanyak tiga kali pemakaian. Bila digunakan berkali-kali, minyak goreng akan menghasilkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga :  Kota Kupang Melaksanakan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Tahap I

“Umumnya setelah tiga kali penggunaan, akan terjadi perubahan warna dan aroma pada minyak yang kurang bagus bila digunakan,” terang Prof. Ahmad Sulaeman.

Disclaimer: Artikel Ini Merupakan Kerja Sama SuaraTimor.Com Dengan flobamora-news.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab flobamora-news.com. 
Sumber: flobamora-news.com
Tulisan ini berasal dari redaksi