×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi SuaraTimor

Catat! Pindah Penduduk Tidak Perlu Pengantar RT/RW atau Desa/Kelurahan

SuaraTimor

Jakarta, suaratimor.comDukcapil pusat maupun daerah konsisten berbenah memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Banyak keputusan tentang syarat-syarat layanan kini disederhanakan, juga syarat keterangan RT/RW atau Desa/Kelurahan untuk mengurus pindah domisili.

Disampaikan Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, keterangan RT/RW sampai Desa/Kelurahan telah dihapuskan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.

ADVERTISEMENT

“Pindah masyarakat didalam satu Kabupaten/Kota, memadai menunjukan Kartu Keluarga (KK) saja. Tidak harus pengantar apapun. Jadi, jika tersedia Kepala Dinas Dukcapil yang masih meminta pengantar dari RT/RW sampai ke Desa/Kelurahan bakal saya beri sanksi tegas,” jelasnya pas membuka acara Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM), topik “Mengurus Pindah Penduduk”, yang disiarkan segera secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Youtube, Sabtu (08/01/2022).

Baca Juga :  Pendaftaran Prakerja Gelombang 15 Dibuka pukul 12.00 WIB, Jangan Ganti Alamat Email dan Nomor HP

Perpindahan masyarakat didalam satu Kabupaten/Kota, lanjut Zudan, juga tidak perlu Surat Keterangan Pindah atau SKP. Hanya masyarakat yang lakukan perpindahan antar Kabupaten/Kota atau antar Provinsi yang bakal dibekali SKP oleh Dinas Dukcapil asal untuk diberikan ke daerah tujuan.

Dihapuskannya keterangan RT/RW sampai Desa/Kelurahan, ungkap Zudan, bukan tanpa alasan. Data Kependudukan yang diampu Dukcapil telah lengkap agar tidak perlu verifikasi dari RT/RW maupun Desa/Kelurahan.

Tulisan ini berasal dari redaksi