×
Swipe up untuk membaca artikel

Ingin membaca berita tanpa iklan?

Buka di aplikasi SuaraTimor

Dekranas, Dekranasda NTT dan Kemenham RI Gagas Pelatihan 1.000 Ti’i Langga

SuaraTimor

Suaratimor.com- Kupang, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Kementrian Pertahanan (Kemenham) RI menggelar kegiatan pelatihan pembuatan 1.000 topi Ti’i Langga.

Ti’i Langga merupakan topi khas Rote Ndao. Bahan utama topi Ti’i Langga adalah daun dari pohon lontar. Bentuk topi Ti’i Langga yang unik punya arti dan makna mendalam tentang persatuan.

ADVERTISEMENT

Hal tersebut terlihat dari bentuk anyamannya yang begitu erat.

Pelatihan tersebut akan melibatkan 100 mienial di Kabupaten Kupang dan Rote Ndao. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam memproduksi kerajinan industri Ti,i Langga.

Baca Juga :  Begini Penjelasan Direktur, Kampus APS Kupang DIII Akan Setara Jadi SI
Foto bersama pada moment Kemenham RI Gagas Pelatihan 1.000 Ti’i Langga

Pelibatan kaum milenal dalam kegiatan pelatihan ini cukup beralasan. Khusus di Pulau Rote dan Kabupaten Kupang, generasi milenial kenyataannya tidak terlalu berminat untuk menggeluti dan mengembangkan produk turunan leluhur Rote Ndao ini.

Alasan lain, yakni proses pembuatannya cukup rumit serta ketika selesai diproduksi mengalami kendala dalam hal pemasarannya. Apalagi Ti’i Langga lebih banyak diproduksi hanya untuk kepentingan adat dan acara resmi pemerintah.

Namun, pelaku Industri Kecil Menengah pembuat topi Ti’i Langga berharap besar produk ini bisa menjadi primadona di daerah destinasi pariwisata yang ada di NTT. Sementara peran milenial untuk mendongkrak destinasi sangat strategis.

Dekranasda NTT yang diketuai Julie Sutrisno Laiskodat memiliki cita-cita besar dalam pengembangan berbagai kerajinan khas NTT. Setelah sukses mengangkat tenun ikat ke level nasional bahkan internasional, kali ini Ti’i Langga pun akan demikian.

Baca Juga :  Perum Bulog NTT Jamin Ketersedian Beras tujuh Bulan Ke depan Tetap Aman

Julie Sutrisno Laiskodat yang juga istri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat selalu punya terobosan strategis. Dia selalu punya cara untuk menampilkan kekayaan budaya dan pariwisata NTT ke level Nasional.

Tulisan ini berasal dari redaksi