Pemkab TTS Himbau Masyarakat Manfaatkan Program PraKerja

Dibaca 453 kali
Bupati TTS, Epy Tahun

TTS, SuaraTimor.com / 14 April 2020
Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS ) menghimbau masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan atau yang menjadi korban PHK untuk memanfaatkan program pra kerja. Selain akan diberikan bantuan biaya, masyarakat yang masuk program prakerja akan diberikan pelatihan guna meningkatkan skill.
“ Saya minta masyarakat mengikuti program pra kerja. Ini khusus masyarakat yang sementara mempersiapkan diri mencari kerja atau mereka yang mungkin di PHK karena masalah Covid -19 ini ,” kata Bupati TTS, Epy Tahun ( 13/4).

Lebih lanjut Epy Tahun menyebutkan pra kerja ini selain akan diberikan bantuan biaya, masyarakat yang masuk program pra kerja akan diberikan pelatihan guna meningkatkan skill.
“Program pra kerja ini sangat bagus. Selai diberi bantuan biaya, mereka juga diberi pelatihan, ketrampilan untuk meningkatkan skill. Dasar ketrampilan manfaatanya antara lain yang diperoleh itu mereka bisa mendiri berusaha sendiri ,” jelas Epy Tahun.
Karena sesuai protap Covid -19 ini kata Epy Tahun yakni adanya pembatasan social maka sosialisasi terkait program pra kerja akan dilakukan melalui siaran radio pemerintah daerah (RPD) dan media sosial.
” Protokol Coviv -19 ini sudah jelas. Membatasi perkumpulan massa. Karena itu kami akan sosialisasikan masalah pra kerja ini melalui siaran radio pemerintah daerah. Selain itu juga melalui media sosial lainnya seperti facebook group Pemkab TTS ,” kata Epy Tahun .

Menjawab pertanyaan Gatra.Com terkait terkait jumlah korban PHK dampak karana adanya wabah virus Corona ini Bupati Epy Tahun mengatakan, belum mengantongi datanya.
“ Datanya masih dikumpulkan Dinas Nakertrans. Namun melihat dampak dari wabah virus Corona yang ikut melumpuhkan bidang usaha saya pastikan adanya masyarakat Kabupaten TTS yang menjadi korban PHK ,” katanya.
Untuk mengakses program prakerja ujar Epy Tahun, masyarakat bisa mengaksesnya melalui situs prakerja.go.id. Setelah masuk, daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini harus memasukkan email dan nomor ponsel.

“ Setelah itu akan dikirimkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel. Selanjutnya login akun, klik daftar kartu pra kerja dan isi formulir pendaftaran. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti ,” tandas Epy Tahun ( Usif)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment