Polda NTT Gelar Donor Darah Untuk Pemenuhan Kebutuhan Darah Di NTT

Dibaca 206 kali
Kombes Jo Bangun

Kupang, SuaraTimor.com / 11 Maret 2020
Terpanggil untuk membentu pencegahan Covid -19, Kamis 9 April 2020, Polda NTT menggelar donor darah guna pemenuhan kebutuhan darah di NTT.
“ Kegiatan mengusung tema “Polda NTT untuk kemanusiaan bersama melawan Covid-19” ini digelar di Loby Mapolda NTT. Ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah kepada pihak Dinas Transfusi darah atau rumah sakit ,” kata Kabid Humas Polda NTT, Kombes Jo Bangun ( 9/4)
Ikut serta mendonorkan darahnya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin dan para pejabat utama Polda NTT serta Anggota Polda NTT.

Kegiatan donor darah ini lanjut Kombes Jo Bangun aman dilakukan karena tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak fisik para peserta donor.
“ Dalam kegiatan donor darah ini diberlakukan standar operasional prosedur kesehatan. Semuanya disesuaikan dengan prosedur protokol Corona, Covid -19 ,” jelas Kombes Jo Bangun.
Sebelum melakukan donor darah kata Kombes Jo Bangun petugas melakukan pengecekan suhu terhadap pendonor dengan menggunakan thermometer infrared.
“ Jadi selain itu para dan peserta diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer. Syukur semua peserta donor suhu tubuhnya normal, tidak ada kendala ,” ujarnya.
Sebelum melakukan donor, peserta diperiksa, dicek golongan darah peserta, hemoglobin. Juga mengecek tensi darah peserta dan proses pengambilan darah.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 94 personel Polda NTT terdiri dari 93 personel Polki dan Satu personel Polwan.
“ Dari hasil kegiatan tersebut, terkumpul 94 kantong darah dengan rincian golongan darah AB 6 kantong, golongan darah A 19 kantong dan golongan darah B 28 kantong serta golongan darah O sebanyak 41 kantong ,” kata Kombes Jo Bangun.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment