Walikota Kupang Bagi Masker Gratis Untuk Warga

Dibaca 706 kali
Walikota Kupang, Jefry Riwu Koreh

Kupang, suaratimor.com / 20 April 2020
Pemerintah Kota Kupang terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kali ini dilakukan dengan pembagian masker gratis bagi masyarakat. Aksi ini dilaksanakan Sabtu (18/04/2020) di Jalan El Tari. Sasaran pembagian masker, yakni untuk pengguna jalan dan warga yang melintas.

“Kami segenap jajaran Pemerintah Kota Kupang pada hari ini turun ke lapangan untuk membagikan masker-maker kepada masyarakat. Target kami akan membagikan 150 ribu masker. Tujuannya untuk mengajak masyarakat bersama memerangi Covid-19,” kata Walikota Kupang Jefry Riwu Kore ( 18/4) disela –sela membagi masker kepada warga.

Dia menyebutkan dana yang dialokasikan Pemkot untuk penanganan Covid -19 ini untuk APD, termasuk Masker yang dibagikan ini. Pemerian masker gratis ini terutama masyarakat yang terkena dampak ekonomi Covid -19 ini.
“ Kami dari Pemkot telah mengalokasikan dana untuk tangani Covid -19 ini termasuk APD Masker. Karena itu APD ini termasuk langkah saat ini sehingga kami berupaya membantu membagikan masker kepada masyarakat Kota Kupang yang memang membutuhkan. Masker ini produksi lokal dan dari luar ,” jelas Jefry Riwu Kore.

Selain pembagian masker untuk masyarakat di public, tempat umum yakni jalan raya, lanjut Jefry Riwu Kore, pihaknya juga akan mendistribusikan masker ke seluruh masyarakat yang nantinya melalui Satgas Covid-19 yang telah terbentuk di Kelurahan.

“ Hari ini secara perdana kami bagi langsung kepada masyarakat dijalan raya dan lokasi publik lainnya. Berikutnya Masker ini akan kami titipkan lagi kepada Tim gugus Kelurahan untuk dibagikan kepada masyarakat diwilayah mereka ,” katanya.
Melalaui tim gugus Covid -19 Kelurahan akan diberikan kepada setiap RW dan RT untuk disalurkan kepada warga.”

Mereka akan selektif memberikan kepada warga yang memang tidak mampu membeli masker. Ini karena barang langkah. Bayangkan sebelu wabah Covid -19 harga masker biasa Rp 500 sekaranng naik cukup signifikan menjadi Rp 10 ribu. Karena itu kami berupaya membantu mereka yang tidak mampu membeli ,” ujar jefry Riwu Kore.
Untuk itu Walikota Jefry juga mengharapkan adanya partisipasi warga, dikarenakan untuk mencegah penularan ini harus adanya kesadaran kolektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,

“ Kami minta masyarakat berpartisipasi, kolaborasi dengan tim gugus memberangi Covid -19 ini. Antaranya harus mengikuti protocol Covid -19. Menjaga diri jangan keluar rumah kalau tidak penting, selalu memakai masker dan selalu jaga jarak,” tandas jefry Riwu Kore.
Aksi kemanusiaan ini dilaksanakan di perempatan traffic light Jalan El Tari dan perempatan Jalan Jenderal Soeharto, depan Mapolda NTT. Hadir langsung para pimpinan OPD Lingkup Pemkot. Turut hadir Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Manafe Riwu Kore.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment